Bersama Yayasan Nashirus Sunnah Penyuluh Agama Bagikan Al Quran dan Daging Kurban

Purbalingga – Mewujudkan kepedulian sosial terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya para mualaf di Kecamatan Mrebet, Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Mrebet melakukan aksi nyata menebar manfaat untuk umat. Aksi tersebut berupa penyaluran bantuan wakaf Al-Qur’an dan paket daging kurban kepada para mualaf yang tersebar di beberapa desa di kecamatan Mrebet, Kamis (22/7/2021).

Penyuluh Agama Islam Fungsional kecamatan Mrebet Yuyu Yuniawati dalam keterangannya Jumat (23/7/2021) menjelaskan, ada 31 mualaf di Desa Pengalusan yang juga tersebar di beberapa dusun yaitu Brengkol, Kecomberan, Biting, Katelklawu. Selain itu juga ada 3 orang mualaf dari Desa Cipaku, 3 mualaf dari Desa Kradenan dan 4 mualaf dari  Dukuh Liru Desa Binangun.

“Di tengah kebijakan pemerintah PPKM Darurat Jawa Bali saat ini kami berusaha mewujudkan salah satu bentuk kepedulian sosial kepada sesama. Dalam hal ini kami bekerja sama dengan Yayasan Nashirus-Sunnah Purbalingga,” jelasnya.

Yuyu menambahkan, bantuan daging kurban ini juga diberikan kepada wali murid PAUD Bina Insani ‘Aisyiyah Dukuh Liru dan sebagian warga Dukuh Liru Desa Binangun Kecamatan Mrebet.

Menurutnya, bantuan tersebut diserahkan secara langsung kepada para penerima dengan cara door to door.

“Bantuan kami sampaikan dari rumah ke rumah sambil bersilaturahmi, menyapa dan melihat langsung kondisi mereka, serta tidak lupa saling menguatkan dan mendoakan kebaikan,” ungkapnya. 

Namun untuk penerimaan di Dusun Biting dan Dusun Brengkol Desa Pengalusan bantuan diberikan melalui perwakilan mualaf di dusun tersebut.

“Mengingat jumlah mualaf yang cukup banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk membagikannya secara door to doo. Jadi diterimakan kepada perwakilan mualaf di dusun tersebut untuk kemudian dibagikan kepada yang bersangkutan,” jelasnya.  

Menurutnya hal tersebut dimaksudkan selain untuk menghindari kerumunan juga dalam rangka mengikuti Surat Edaran Menteri Agama No.SE. 17/Tahun yang mengatur bahwa pendistribusian daging kurban untuk dibagikan secara langsung ke rumah-rumah penerima.

Yuyu berharap kolaborasi yang baik antara Penyuluh Agama dan Yayasan Nashirus-Sunnah ini dapat berjalan secara kontinyu pada kegiatan-kegiatan lainnya agar lebih banyak lagi umat yang merasakan manfaatnya.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Yayasan Nashirus-Sunnah yang telah mengalokasikan bantuan wakaf al-Qur’an dan paket daging kurban kepada Majlis Taklim Mualaf Kecamatan Mrebet, dan PAUD Bina Insani ‘Aisyiyah Dukuh Liru Desa Binangun Kecamatan Mrebet. Teriring doa jazakumulloh ahsanul-jaza, semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang berlipat ganda, dan semoga Allah limpahkan keberkahan untuk kita semua,” pungkasnya. *(sar)

Bagikan :
Translate ยป