Berbenah, PD Pontren kuatkan sinergitas dengan  Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah

Purbalingga- Kepala Seksi Pendidikian Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ani Mufarokhah sangat mengapresiasi kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab)  Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut diungkapkan saat membuka Rakercab FKDT Ke III Tahun 2022 di Madrasah Diniyah An Nahl komplek Pondok Pesantren An Nahl  Desa Karangreja Kecamatan Kutasari, Ahad (30/01).

Menurutnya, sebuah program akan berhasil dengan baik jika direncanakan dengan baik pula.

“Program akan terarah, jelas, mengurangi ketidakpastian, pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien”, kata Ani yang menjabat sejak 4 Januari ini.

Ani berpesan kepada pengurus FKDT terkaiit  data base baik di Madrasah  Diniyah  maupun di lembaga keagamaan yang lain.

“Sinergitas ini diperlukan untuk menyelesaikan pembenahan di PD Pontren. Program tahun ini menitik beratkan kepada pembenahan database Madrasah Diniyah dan lembaga keagamaan yang lain”, tandas Kepala Seksi PD Pontren perempuan pertama di Kantor Kemenag Kabupaten Purbalingga ini.

Gayung Bersambut

Sementara itu, Ketua DPC FKDT  Maful Hidayat mengungkapkan bahwa kegiatan Rakercab ini adalah kegiatan rutin setiap  awal tahun yang dihadiri oleh Pengurus Anak Cabang dari 18 kecamatan sebanyak 2 orang perwakilan.

“Tujuan diadakanya Rakercab Tahun 2022 adalah untuk mengevaluasi program kerja yang sudah terlaksana pada tahun 2021 dan yang belum terlaksana, serta menyusun program kerja Tahun 2022”, ungkapnya.

Maful menjelaskan bahwa beberapa program kerja tahun 2022 yang menjadi concern FKDT Kabupaten adalah terkait database.

“Hal ini sesuai dengan program Seksi PD Pontren Kankemenag Kabupaten Purbalingga, yakni pembenahan database. Kami akan bekerja keras mendata ulang Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada Madrasah Diniyah serta jumlah santri Madrasah Diniyah di Kabupaten Purbalingga”, ujar Maful yang juga seorang  Guru Pedidikan Agama Islam di SMK Negeri Kaligondang ini.

“Program kerja selanjutnya adalah persiapan Ujian akhir bagi santri pada bulan Februari dan kegiatan PORSADIN yang rencananya akan dilaksanakan ditingkat kecamatan mulai bulan Mei –Juni. Sedangkan di tingkat Kabupaten bulan Juli dan tingkat provinsi bulan Agustus”, pungkasnya.

Kontributor : Lutfi Nurdiansyah

Penyunting dan Penerbit : Sri Lestari

Bagikan :
Translate »