Belajar Online Sambil Ngopi Ireng, Dapat Terhindar dari Virus Corona

Purbalingga- Ngopi Ireng ? Ya, hampir semua orang menyukai kopi ireng. Apalagi jika disajikan panas, legi dan kental. Bahkan, kopi ireng adalah unjukan   (minuman-red) para salafushsholih saat menuangkan gagasan pemikiran sehingga terciptalah  kitab-kitab yang menjadi rujukan para ‘alim ulama.

Bung Karno pun dalam kalimat bijaknya mengatakan bahwa “Aku lebih senang pemuda yang merokok dan minum kopi sambil diskusi tentang bangsa ini, daripada pemuda kutu buku yang memikirkan diri sendiri”. Meski kalimat Putra Sang Fajar ini memiliki banyak penafsiran yang berbeda, tetap saja kopi ireng adalah teman terbaik saat diskusi, menggalii inspirasi bahkan untuk mencari solusi.

Ngopi Ireng Manupanca

Lantas, Ngopi Ireng Manupanca, apakah rasanya lebih nikmat dan penyajiannya lebih memikat?

Ngopi Ireng Manupanca merupakan salah satu cara MTs Ma'arif NU 08 Panican beradaptasi dalam transformasi media pendidikan di era digitalisasi revolusi 4.0. Juga sebagai perwujudan visi dan misi madrasah dalam pendidikan karakter secara digital dengan konten memantapkan keimanan siswa dan masyarakat secara umum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Torik Jahidin, Kepala MTs Ma’arif NU 08 Panican pada acara Launching Ngopi Ireng yang Live dari jam 08.00-08.30, di Ruang Media madrasah setempat, Jumat (6/08).

“Ngopi Ireng  adalah Ngobrol Pendidikan Islam, Inspiratif, Ringan dan Gayeng. Kami sajikan dalam bentuk obrolan Podcast dan disiarkan secara live pada kanal Youtube MTs Ma’arif NU 08 Panican. Sedangkan untuk informasi tayang melalui instagram mtsnu_panican dan facebook Mts maarif NU Panican”, jelas Torik.

Torik menambahkan, selain yang hadir di madrasah, acara Launching Ngopi Ireng juga diikuti oleh semua siswa, wali siswa, siswa alumni serta komite madrasah mengikuti secara virtual.

Belajar Online

Guru IPA, Arif Setiawan menjelaskan bahwa tujuan acara ini yang pertama melaksanakan pendidikan karakter di era pandemi dengan model virtual, Kedua transformasi media sesuai dengan tuntutan zaman dan era 4.0. Ketiga,melalui kajian kajian islam (kitab) kitab khasanah pesantren

“Keempat,memberikan wahana penyampaian informasi secara online di era digital dlm bernbagai aspek kehidupan dalam ranah pendidiikan islam yang inspiratif namun dikemas secara ringan dan kumonikatif jadi gayeng untuk dinikmati”, ujarnya selaku Produser acara ini.

Memutus Penyebaran Virus

Ngopi Ireng perdana menghadirkan narasumber Edi Trisnanto, Penyuluh KUA Kecamatan Kemangkon. Menurutnya, Ngopi Ireng Manupanca menjadi media yang bermanfaat dalam pendidikan karakter Islam.

“Ngopi Ireng Manupanca, saya dapat berbagi informasi dan melaksanakan Sosialisasi SE Menag RI Nomor 21 Tahun 2021, yang intinya Ayo Patuhi Gerakan 5M+1D. Acara ini sangat bagus dan semoga bisa berlanjut. Para peserta didik belajar secara virtual, yang artinya acara ini berperan dalam memutus penyebaran Covid-19”, harapnya.

Jadi, tidak ada salahnya belajar online sambil ngopi. Ngopi Ireng Manupanca. (dwi/sl )

Editor & publisher : sri lestari

Bagikan :
Translate ยป