Apel Pagi Ajang Pemberian Motivasi dan Koordinasi Informasi

Penghormatan peserta kepada Pembina Apel H. Muhammad Syafi’ dipimpin oleh Pemimpin Apel Naelul Fauzi.

Purbalingga – Dalam rangka pembinaan pegawai dan koordinasi informasi kedinasan, sejumlah pejabat Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga, Pengawas Madrasah / PAI dan para pegawai (PNS/Non PNS) satu atap, serta sejumlah mahasiswa program magang Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) mengikuti Apel Pagi bertempat di halaman kantor setempat, Senin (23/5/2022). Pada kegiatan tersebut bertindak selaku Pembina Apel Kepala Kankemenag Purbalingga KH. Muhammad Syafi’, Pemimpin Apel Staf Pendidikan Madrasah Naelul Fauzi dan  Pembaca Doa Staf Bimas Islam Sutrisno.

Dalam amanatnya Kakankemenag Purbalingga Muhammad Syafi’ berharap kegiatan Apel Pagi tersebut dapat menjadi penambah semangat jajarannya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pelayan masyarakat. Selain itu ia juga menyampaikan beberapa informasi kegiatan teraktual  di lingkungan kerjanya.

“Baru saja kami para Kepala Kantor mengikuti kegiatan rapat koordinasi yang digelar Kanwil Kemenag Jawa Tengah dengan BPJS Ketenagakerjaan. Intinya nantinya ada kerja sama antara seluruh Kantor Kementerian Agama kabupaten / kota dengan BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Menurutnya, program kerja sama tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan perlindungan kepada para guru di madrasah, pondok pesantren serta guru-guru TPQ.

“Program ini dimaksudkan untuk meringankan beban para guru madrasah, guru ngaji di pondok pesantren dan guru-guru di TPQ jika mengalami kecelakaan kerja termasuk meninggal dunia, termasuk santunan untuk keluarga atau ahli warisnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut harus didukung karena sangat bermanfaat dan membantu kemaslahatan umat.

Manasik Haji

Kakankemenag Muhammad Syafi’ juga menginformasikan pelaksanaan kegiatan manasik haji bagi para calon jemaah haji 1443 H / 2022 M.

“Mulai tanggal 27 Mei 2022 ini akan dilaksanakan kegiatan manasik haji selama 6 hari berturut-turut. Tidak delapan hari seperti pada tahun-tahun sebelumnya, karena waktu yang sudah mendesak,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) juga akan mengadakan bimbingan bagi para Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) yang akan membimbing para calon jemaah haji. Selain itu, bimbingan bagi petugas haji juga akan dilaksanakan dalam rangka mengingatkan tugas-tugas mereka yang sudah 2 tahun tidak terlaksana karena alasan pandemi.

“Melayani haji itu merupakan tugas yang mulia, mudah-mudahan lancar dan dirahmati Allah SWT,” imbuhnya.* (sar)

Bagikan :
Translate »