Anak Yatim dan Muallaf Dapatkan Berkah di Bulan Muharam

Purbalingga – Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Forum Komunikasi Penyuluh  Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Bojongsari, Forum Komunikasi Muallaf Purbalingga (FKMP), dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ranting Bojongsari menggelar Acara Pengajian dan Bakti Sosial di gedung (IPHI) Kecamatan Bojongsari , Jum'at (21/09). Ketua Panitia, Purwoyo menjelaskan, semula kegiatan tersebut akan digelar oleh IPHI secara internal.

“Sedianya acara ini akan diselenggarakan secara internal oleh IPHI, namun FKPAI dan FKMP menyambut baik sehingga terjalin kerjasama yang luar biasa ini. Jumlah penerima santunan ada 73 orang , terdiri dari 66 anak yatim dan 7 orang muallaf,” jelas Purwoyo.

Ditambahkan, selain unsur Kementerian Agama meliputi KUA dan FKPAI, lembaga sosial masyarakat (IPHI dan FKM), tiga badan usaha filantropi di Purbalingga juga mendukung penuh kegiatan tersebut. Ketiga badan tersebut adalah BAZNAS Kabupaten Purbalingga, LAZISMU dan LAZIS NU.

Kasi PD Pontren, Kholidin mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga menyambut baik keberadaan FKMP. Kemenag melalui Penyuluh Agama Islam akan terus berupaya melanjutkan secara intensif bimbingan terhadap para muallaf.

“Dalam Islam tidak ada strata dalam tholabul 'ilmi. Baik yang muslim sejak lahir maupun muallaf mempunyai kewajiban yang sama dalam belajar menuju kesholihan ritual yaitu hablumminallah dan kesholihan sosial, seperti yang sedang kita praktekan hari ini yaitu berbagi rezeki kepada anak yatim,” tandas Kholidin.

Penyuluh Fungsional, Yuyu Yuniawati menjelaskan rincian dana dari para donatur yang dihimpun oleh IPHI Ranting Bojongsari sejumlah Rp 4.500.000,00 digunakan untuk menyantuni 30 anak yatim desa Bojongsari. FKPAI Kecamatan Bojongsari sejumlah Rp 3.200.000,00 untuk santunan 16 anak yatim di luar desa Bojongsari. FKMP menghimpun dana sejumlah Rp 4.000.000,00 untuk menyantuni 20 anak yatim lainnya . Dan BAZNAS Purbalingga membantu sejumlah Rp 3.500.000,00 untuk menyantuni 7 orang mualaf. Sehingga jumlah dana santunan  yang ditashorufkan adalah Rp 15.200.000,00

Pemda Anggarkan 1 Milyar

Kabag Kesra Setda Purbalingga, Eni Sosiatman mewakili Plt. Bupati Purbalingga menjelaskan, kegiatan pengajian dan bakti sosial adalah kegiatan yang sejalan dengan visi Purbalingga yakni mewujudkan masyarakat Purbalingga yang berakhlakul karimah. Untuk mewujudkan visi tersebut  dibutuhkan kerja keras dari berbagai pihak. Selain itu Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga juga menyiapkan anggaran sosial dalam APBD.

“Tahun 2018 ini ada alokasi anggaran untuk 5000 anak yatim  piatu senilai 1 Milyar rupiah. Hal ini dapat dikoordinasikan dengan Kesra Setda Purbalingga,” ujar Eni menginformasikan.

Kegiatan pengajian umum dan bakti sosial diakhiri dengan tausiyah dan doa yang disampaikan Kepala KUA Kecamatan Bojongsari, Amin Nasirudin. (sri/sar)

Bagikan :
Translate ยป