Amalkan Dasa Dharma, PPM Gelar Bakti Sosial

Purbalingga – Mengamalkan Dasa Dharma Pramuka serta mewujudkan rasa kepedulian kepada warga yang membutuhkan, Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) ke-1 Kabupaten Purbalingga menggelar kegiatan Bakti Masyarakat di tiga tempat. Bentuk Bakti Masyarakat yang digelar dalam tiga bentuk. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia PPM, Ikhwandi Arifin di Buper Munjuluhur Karangbanjar, Jumat  (4/1/2019).

“Bakti Masyarakat ini terbagi menjadi dalam tiga program. Yaitu Program Peduli Masyarakat, Program Peduli Pendidikan, dan Program Peduli Tempat Ibadah,” jelas Ikhwandi.

Ia menambahkan, dalam Program Peduli Masyarakat dilakukan pembagian sembako sebanyak 216  paket dengan kriteria penerima warga masyarakat yang tergolong kurang mampu. Sedangkan pada Program Peduli Pendidikan dilakukan pembagian 144 paket sekolah (school kit) berupa tas sekolah dengan alat tulis untuk anak-anak tidak mampu.

Program Peduli Tempat Ibadah memiliki sasaran masjid dan mushola yang ada di sekitar area perkemahan. Kegiatannya berupa bersih-bersih ruang masjid/mushola bagian dalam, bagian luar dan lingkungan sekitar tempat ibadah tersebut,” jelasnya.

Dimulai pukul 13.30 seluruh peserta mengirimkan lima orang perwakilan dari masing-masing kontingen yang ada.

Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono dalam sambutan pengantarnya di Masjid Al Hidayah Desa Munjul – Bojongsari menjelaskan, kegiatan bakti masyarakat tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepedulian sekaligus dalam rangka mewujudkan kebersamaan dengan warga di sekitar area perkemahan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk bisa bersama-sama masyarakat, peduli terhadap masyarakat, dan melatih anak-anak kita untuk peduli kepada sesama,” ujar Sudiono.

Doa dan Rasa Haru

Di tempat yang berbeda salah seorang Panitia, Farid Sarifudin mengungkapkan rasa haru sekaligus bahagia karena terdapat beberapa warga yang dengan tulus mengucapkan doa sekaligus ucapan terima kasih dengan menitikkan air mata. Mereka yang kebanyakan sudah lanjut usia dan hidup sederhana tersebut terharu atas kepedulian Panitia dan Peserta PPM terhadap warga masyarakat di sekitar area perkemahan. (sar/   )

Bagikan :
Translate ยป