478 Siswa IGRABATA Kutasari Ikuti Manasik

Purbalingga – Sebanyak 478 siswa RA/BA/TA di bawah naungan IGRABATA Kecamatan Kutasari, mengikuti manasik haji di Sanggaluri Park Kutasari, Rabu (19/9). Mereka mempraktikkan langsung prosesi dan rukun haji dengan bimbingan petugas dari Sanggaluri Park.

Ketua IGRABATA Kutasari, Masitoh mengatakan, kegiatan yang diikuti 15 lembaga RA/BA/TA diharapkan memberikan bekal  pengetahuan dan ilmu tentang rukun islam yang kelima. Diharapkan, selain memahami prosesi haji, hal  itu juga menumbuhkan keimanan dan ketakwaan siswa.

“Kegiatan ini sudah tercantum di kurikulum. Setelah mendapatkan pembekalan di masing-masing lembaga, siswa kami ajak mengikuti manasik agar semakin paham dengan prosesi maupun rukun haji,”tutur Masitoh.

Dia menambahkan, manasik haji merupakan rangkaian tema Idul Adha. Sebelumnya, siswa juga diberikan pengetahuan tentang Idul  Adha,  Kisah Nabi Ibrahim dan lainnya yang erat dengan ibadah haji.

Masitoh menambahkan, fasilitas manasik di Sanggaluri Park cukup lengkap. Ada miniatur terowongan Mina, miniatur Ka’bah, Hajar Aswad dan lainnya. Setelah mengikuti manasik, para siswa juga bisa menikmati sejumlah wahana edukasi yang ada di Sanggaluri Park Kutasari. (adv/bdg/sar)

Bagikan :
Translate ยป