Lantik Mabrur sebagai Pengawas PAI, Kakankemenag Karsono Berikan Pesan Penting

Kakankemenag Purbalingga H. Karsono melantik dan melakukan Pengambilan Sumpah Pengawas Sekolah Ahli Muda Pendidikan Agama Islam Tingkat TK/SD/SDLB Mabrur di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga dengan Saksi Kasubbag TU H. Purwadi dan Kasi Pendidikan Agama Islam H. Sugeng Riadi serta Rohaniwan Sutrisno.

Purbalingga – Pengawas Pendidikan merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi seorang guru dalam dunia pendidikan. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono dalam sambutan pengarahannya usai melakukan pengambilan sumpah jabatan dan melantik Mabrur, S. Pd. I.  sebagai Pengawas Sekolah Ahli Muda Pendidikan Agama Islam Tingkat TK/SD/SDLB di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Rabu (12/1/2022). Dengan pelantikan tersebut jumlah Pengawas PAI Tingkat TK/SD/SDLB di jajaran Kankemenag Kabupaten Purbalingga bertambah menjadi tiga orang.

Kakankemenag Karsono menambahkan, Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Pengawas Madrasah harus bisa membawa perubahan-perubahan di dunia pendidikan. Pengawas Pendidikan juga harus menjadi sumber inspirasi bagi para guru khususnya mereka yang menjadi binaannya.

“Semua Pengawas untuk bias memberikan inspirasi bagi para guru, bias memberikan setrum efek yang baik, bisa memicu semangat. Jika keberadaan Pengawas malah menimbulkan masalah maka hancurlah dunia pendidikan,” ungkapnya.

Ia meminta Pengawas terlantik Mabrur yang sebelumnya Guru pada MI Ma’arif NU 02 Tangkisan Kecamatan Mrebet tersebut untuk segera menyelesaikan tanggung jawab kedinasannya di tempat tugas sebelumnya. Sehingga pada hari Senin pekan berikutnya sudah dapat dapat bertugas bersama para Pengawas PAI TK/SD/SMP/SMA/SMK lainnya di Ruang Pengawas Satu Atap di komplek Kankemenag Purbalingga.

“Pada hari ini juga saya minta panjenengan merapat, duduk bersama dengan Pengawas TK/SD/SDLB lainnya dengan didampingi Pokjawas untuk melakukan pembagian wilayah pengawasan dan guru binaan,” pintanya.

Selain itu Kakankemenag Karsono juga meminta kepada seluruh Pengawas Madrasah maupun Pengawas Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti kegiatan Apel Penghormatan Bendera pada setiap tanggal 17 di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

“Setiap tanggal 17 saya minta semua Pengawas untuk kegiatan Apel Pagi dan Penghormatan Bendera Merah Putih di halaman Kankemenag Purbalingga. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sharing berbagai informasi pendidikan dan juga seputar layanan kantor,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap, selain para Pengawas tidak merasa asing dengan kantornya sendiri juga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan masyarakat di daerah seputar Kementerian Agama dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.* (sar)

Bagikan :
Translate »