
Purbalingga, 30 Maret 2025 – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga telah melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan 1 Tahun 2025 yang berlangsung dari 2 Januari hingga 27 Maret 2025. Survei ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
Dalam survei ini, sebanyak 207 responden dipilih secara acak dari total 1.087 (metode krejcie and morgan) pengguna layanan PTSP Kankemenag Kab. Purbalingga. Hasil survei menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diperoleh adalah 3,93 dengan konversi nilai 98,31. Dengan hasil tersebut, mutu pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mendapatkan predikat A (Sangat Baik).
Meskipun hasil survei secara keseluruhan menunjukkan kepuasan yang tinggi, terdapat satu unsur yang memperoleh nilai terendah, yaitu pada komponen sistem penanganan konsultasi dan pengaduan dengan skor 3,88. Sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan mutu layanan di aspek tersebut, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga berencana mengadakan pelatihan khusus bagi petugas konsultasi dan pengaduan dalam kurun waktu tiga bulan, mulai April 2025.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga_Zahid Khasani menyatakan bahwa hasil survei ini menjadi bahan evaluasi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dengan melakukan berbagai perbaikan dan penguatan kapasitas petugas, sehingga masyarakat mendapatkan layanan yang lebih optimal,” ujarnya.
Dengan adanya rencana pelatihan ini, diharapkan sistem penanganan konsultasi dan pengaduan dapat lebih responsif dan efektif, sehingga kepuasan masyarakat terhadap layanan P
TSP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga semakin meningkat di masa mendatang