
Purbalingga (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menerima kunjungan studi tiru dari Tim Penyelenggara Pelayanan Prima Kemenag Kabupaten Kulonprogo, DIY, Rabu (10/9/2025) di Aula PLHUT. Kunjungan ini menjadi ruang berbagi praktik baik sekaligus memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan pelayanan publik yang unggul.
Kepala Kankemenag Kulonprogo, H. Mohamad Wahib Jamil, menyampaikan rasa syukur dan bahagia dapat bersilaturahmi ke Purbalingga.
“Sejak awal kami ingin sekali datang ke sini. Sambutan yang luar biasa membuat kami semakin bersemangat. Banyak inspirasi yang langsung terasa sejak pertama masuk ke Kemenag Purbalingga,” ungkapnya.
Wahib menjelaskan, pihaknya mendapat amanat dari Biro Ortala Kemenag RI untuk mewakili Kementerian Agama dalam evaluasi kinerja pelayanan publik oleh KemenPANRB.
“Tahun lalu penilaian cukup berat, hingga pada batas waktu terakhir. Alhamdulillah, Kulonprogo dipercaya mewakili Kemenag. Karena itu kami ingin belajar strategi Purbalingga yang telah meraih penghargaan pelayanan prima,” jelasnya.
Lebih lanjut, Wahib menyebut bahwa Kulonprogo telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2024.
“Kami ingin mendalami bagaimana Purbalingga mampu menjaga konsistensi pelayanan, inovasi digital, hingga budaya ramah layanan. Prinsipnya, kami siap berbagi dan berkolaborasi, baik inovasi, aplikasi, bahkan pertukaran SDM, demi mempercepat peningkatan layanan,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Kankemenag Purbalingga, H. Zahid Khasani, menyampaikan apresiasi tinggi atas kunjungan Kulonprogo.
“Kedatangan tamu membawa rahmat dan berkah. Kami belajar banyak dari Kulonprogo yang sudah WBK. Semoga semangat itu menular, sehingga Purbalingga bisa menyusul WBK pada 2025,” tuturnya.
Zahid menegaskan, forum ini tidak berhenti pada silaturahmi.
“Mari kita jadikan pertemuan ini sebagai awal sinergi produktif. Purbalingga beruntun meraih penghargaan pelayanan prima (2023) dan pelayanan inklusi (2024). Kami yakin, dengan kolaborasi bersama, kualitas pelayanan publik akan terus meningkat, baik internal maupun eksternal,” pungkasnya.
Kunjungan berlangsung hangat, ditandai dengan semangat kebersamaan, nuansa kultural, serta peneguhan komitmen kedua belah pihak untuk terus menghadirkan layanan publik yang cepat, ramah, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
Baca Juga : Kaji Tiru Layanan PTSP, Kemenag Brebes Kunjungi Purbalingga
Kontributor : Lestari
Editor/ Publisher : Ahyan
Foto : Tim Kreatif