
Purbalingga (Humas) – Pelatihan Service Excellent bagi PPPK di lingkungan Kankemenag Purbalingga diikuti oleh 148 ASN PPPK formasi tahun 2024, Selasa (8/7/2025) di Aula Andrawina Owabong Cottage Bojongsari. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dengan BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga. Menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Wahid Arbani dan Direktur Utama PT. BPRS Buana Mitra Perwira Sri Aprilliawati Maftukhah.
Dalam laporan kegiatan, Plt. Kasubbag TU Sudiono menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan ASN PPPK, khususnya dalam memberikan layanan yang cepat, ramah, solutif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan menanamkan nilai-nilai profesionalisme, integritas, dan empati dalam setiap lini pelayanan publik, sebagaimana sejalan dengan semangat reformasi birokrasi dan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
“ASN PPPK adalah bagian penting dari wajah pelayanan Kementerian Agama. Melalui pelatihan ini, kami berharap seluruh peserta mampu menginternalisasi prinsip service excellent dan menerapkannya secara konsisten di unit kerja masing-masing,” ungkap Sudiono.
Kegiatan berlangsung interaktif dan inspiratif, dengan materi mencakup penguatan etika pelayanan, komunikasi efektif, manajemen emosi dalam pelayanan, serta studi kasus layanan berbasis empati dan kecepatan respon. Acara juga diselingi dengan sesi motivasi dan simulasi pelayanan prima.
Kontributor / Publisher : Sri Lestari
Foto : Ahyan