KOMPENSASI LAYANAN 1.Jika proses pelayanan tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan maka produk layanan akan diantar oleh petugas pelayanan kepada pemohon. 2.Jika pejabat penandatangan produk layanan masih berhalangan atau tidak ada di tempat dalam kondisi tertentu, yang mengakibatkan proses pelayanan tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, maka petugas akan menghubungi pemohon melalui telpon/HP/WA dan atau mengantar sendiri produk pelayanan sesuai kesepakatan antara petugas dan pemohon || Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah || 5 Nilai Budaya Kerja kantor Kementerian Agama Republik Indonesia. INTEGRITAS,PROFESIONALITAS,INOVASI,TANGGUNGJAWAB DAN KETELADANAN. ||

MTs Negeri 1 Purbalingga


Profil MTs Negeri Karanganyar

2017-12-07 13:04:21

MTs NEGERI KARANGANYAR SINERGIKAN

PENDIDIKAN AGAMA DENGAN PENDIDIKAN UMUM

 

MTs Negeri Karanganyar yang sedang bertransformasi menjadi MTs Negeri 1 Purbalingga adalah sekolah menengah pertama di bawah Kementerian Agama yang berciri khas pendidikan Islam. Sekolah ini memadukan pendidikan agama dan pendidikan umum. Sekolah yang terletak di Jalan Sokawera no. 1 Kecamatan Karanganyar Purbalingga ini mempunyai visi “Beretos Kerja Tinggi untuk Keunggulan Akademik dan Non Akademik Bertumpu pada Akhlakul Karimah”.

 

Saat ini MTs Negeri Karanganyar mempunyai 786 siswa yang didukung oleh 43 guru bidang studi yang berkompeten serta 11 staf administrasi yang mumpuni. Sekolah yang berdiri pada Agustus 1968 saat ini mempunyai fasilitas yang terdiri dari 21 kelas, 1 perpustakaan, laboratorium, lapangan sekolah, kantin dengan menu sehat, ruang BK, UKS, Pramuka, Ketrampilan, hot spot, dan sebuah masjid baru yang berdiri megah dengan daya tampung 400 siswa dengan biaya pembangunan mencapai 600 juta.  

 

MTs Negeri Karanganyar yang akan memasuki usia yang ke-50 telah banyak meluluskan siswa berprestasi dan berkualitas, dengan tingkat kelulusan 100 persen. Hampir setiap tahunnya ada siswa yang mendapatkan nilai 100 atau sempurna baik mata pelajaran Ujian Nasional maupun mata pelajaran agama. Selain itu banyak sekali prestasi yang sudah diraih oleh para siswa sekolah ini, diantaranya :

-          Juara II Desain Batik tingkat Eks Karesidenan Banyumas tahun 2013

-          Juara III Bola Volley SMP/MTs Putri se-Purbalingga tahun 2014,

-          Juara II Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat MTs se-Purbalingga,

-          Juara I Lomba Madrasah Sehat tahun 2014.

-          Juara I Jambore Ranting tingkat Kecamatan Karanganyar Tahun 2015,

-          Juara I Fisika MTs Purbalingga,

-          Juara II MTQ Pelajar Tingkat Propinsi,

-          Juara III MTQ Pelajar Tingkat Nasional.

-          Juara I Speech Contest bertemakan anti korupsi kerjasama anatara KPK dan SMA Negeri Bobotsari Tahun 2016.

-          Juara Umum Scout Competition yang diadakan oleh MA Mambaul Ulum

dan masih banyak lagi prestasi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

 

Sebagai MTs Negeri tertua se eks-Karesidenan Banyumas, MTs Negeri Karanganyar terus berbenah dengan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Sehingga MTs Negeri Karanganyar mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Dan yang menjadi nilai lebih dari MTs Negeri Karanganyar adalah keseimbangan prestasi akademik yang dilandasi dengan nilai-nilai agama yang sangat sesuai dengan pendidikan karakter dengan pembiasaan sholat dhuha dan dzuhur berjama’ah. Lulusan MTs Negeri Karanganyar diharapkan hafal surat-surat pada Juz Amma dan Asmaul Husna. Selain itu di kelas program unggulan terdapat kurikulum tambahan yaitu Education Trip/outdoor activity yaitu kegiatan pembelajaran di luar sekolah seperti kunjungan ke museum, bandara, pengadilan dan home industry, dan studi banding dengan sekolah lain. Language Day adalah penggunaan bahasa asing untuk hari-hari tertentu. Dan penambahan jam untuk mata pelajaran Ujian Nasional. Program ini bertujuan menambah wawasan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik.

 

MTs Negeri Karanganyar mempunyai motto “MTs idamanku, gigih dalam prestasi, luhur dalam budi pekerti”. Bravo MTs Negeri Karanganyar!

 

 

 

Aktualisasi Diri Dengan Prestasi Lewat Ekstrakurikuler

 

Ektra kurikuler andalan penggalang Masanekar akronim dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Karanganyar) Gudep 443/444 mengukir beberapa prestasi diantaranya tahun Juara I LT (Lomba Tingkat) Kwarran Karanganyar berturut-turut tahun 2013 dan 2015, juara III K3 Perkemahan Putri Jambore Cabang IV tingkat Kabupaten, tergiat III bidang organisasi dan tergiat II Bidang Keuangan Kwarcab Purbalingga dan prestasi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.  Selain Pramuka, drum band “Gema Surgawi” MTs Negeri Karanganyar juga menorehkan beberapa prestasi yang membanggakan diantaranya juara I berturut-turut Drum Band HUT RI Ke 63 dan 64 tingkat SMP/SMA Kabupaten Purbalingga, Juara II Drumband HAB Depag 2010. Pencapaian prestasi di atas menunjukkan bahwa MTs Negeri Karanganyar selalu berusaha meningkatkan prestasi baik prestasi intrakurikuler maupun extrakurikuler sebagai ajang ekspresi siswa-siswanya.

 

 

 

Kepala Madrasah Perempuan Pertama Yang Memimpin MTsN di Purbalingga

 

Dra. Hj. Siti Mudrikah, M.Pd.I beliau memimpin MTs Negeri Karanganyar mulai 18 Januari 2013. Beliau menggantikan Drs. H Mundirin, M.Pd.I yang mutasi ke MTs Negeri Bobotsari. Sebelumnya beliau adalah guru di MTs Negeri Bobotsari. Menurut beliau madrasah adalah sebuah lembaga formal tempat untuk menggali ilmu pengetahuan terutama ilmu-ilmu agama dengan tidak mengesampingkan pendidikan umum. Ketika mulai memimpin MTs Negeri Karanganyar pertama kali yang diamati adalah sarana ibadah yaitu masjid karena kondisi dan kapasitas masjid yang sudah tidak memadai, sehingga membangun masjid yang representatif menjadi prioritas program utamanya.

Alhamdulillah dalam jangka waktu 3 tahun masjid 2 lantai hasil swadaya civitas akademika MTs Negeri Karanganyar berdiri megah dengan menelan biaya 600 juta dengan kapasitas 500 jamaah. Masjid Baitul Hikmah MTs Negeri Karanganyar diresmikan oleh Kakankemenag, Drs.Bambang Sucipto, M.Pd.I.. Masjid itu diharapkan menjadi sarana pendidikan praktis untuk membentuk karakter siswa yang soleh solehah dan berahlakul karimah sesuai harapan para orang tua.

MTsN Karanganyar dengan luas 6.056 m2 memiliki suasana Adi Wiyata yaitu memadukan ruang kelas yang rapi, taman yang asri dan lingkungan yang bersih berseri. Hal itu  menjadikan MTs Negeri Karanganyar meraih Juara I Lomba Madrasah Sehat tingkat MTs se-Kabupaten Purbalingga.

Sebagai pemimpin madrasah, Beliau mempunyai motto “madrasahku idolaku, madrasahku kebangganku, ku yakin hari esok MTS N Karanganyar pasti maju”