KOMPENSASI LAYANAN 1.Jika proses pelayanan tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan maka produk layanan akan diantar oleh petugas pelayanan kepada pemohon. 2.Jika pejabat penandatangan produk layanan masih berhalangan atau tidak ada di tempat dalam kondisi tertentu, yang mengakibatkan proses pelayanan tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, maka petugas akan menghubungi pemohon melalui telpon/HP/WA dan atau mengantar sendiri produk pelayanan sesuai kesepakatan antara petugas dan pemohon || Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah || 5 Nilai Budaya Kerja kantor Kementerian Agama Republik Indonesia. INTEGRITAS,PROFESIONALITAS,INOVASI,TANGGUNGJAWAB DAN KETELADANAN. ||

Pilketos Online MTsN 1 Purbalingga Wujud Demokrasi di Masa Pandemi

2021-09-17 17:00:05

Purbalingga - Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di MTs Negeri 1 Purbalingga dalam beberapa tahun terakhir selalu berlangsung semarak, karena pelaksanaanya diatur sebagaimana layaknya pemilihan kepala desa atau kepala daerah. Namun dengan adanya wabah Covid-19 pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2020/2021 tidak dilaksanakan.

Kepala MTsN 1 Purbalingga Siti Mudrikah dalam keterangannya Jumat (17/9/2021) menjelaskan, untuk periode 2021/2022 pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kembali dilaksanakan, namun dilakukan secara online melalui  e-vote.

“Tujuan diadakannya pemilihan pada tahun ini adalah untuk membentuk kepengurusan dan melahirkan kader-kader penerus yang berpotensi dalam rangka mendukung terwujudnya MTs Negeri 1 Purbalingga yang lebih mandiri dan berprestasi dengan dilandasi akhlak terpuji,” jelasnya.

Mudrikah menambahkan, pada Pilketos tahun ini ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu: penjaringan bakal calon, penyampaian visi misi, pengundian nomor urut, pembuatan video kampanye, pemilihan, pelantikan dan diakhiri dengan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

“Untuk kampanye dilakukan melalui instagram, sedangkan pemilihan dilakukan melalui aplikasi google form. Pemilihan dilaksanakan hari Rabu (15/9) mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Sedangkan pengumuman dilaksanakan pada hari Kamis (16/9),” ungkapnya.

Pembina OSIS Ali Ashal secara rinci menjelaskan, total pemilih berjumlah 990 terdiri dari 929 siswa dan 61 guru dan pegawai di MTsN 1 Purbalingga yang memiliki hak suara. Namun hanya 672 pemilih yang menggunakan hak suaranya dalam kegiatan tersebut. Adapun 318 pemilih lainnya yang tidak menggunakan hak suaranya dikarenakan beberapa hal.

“Di antaranya kendala kuota, sinyal dan kurang mengenal para calon akibat lama tidak melakukan tatap muka di madrasah. Sehingga motivasi mereka untuk memilih menjadi rendah,” jelasnya.

Dari perhitungan suara yang sah, pasangan nomor urut 1 Anggi Rina Wanti (VIII A) - Alfin Fadillah Rizki (VII F) memperoleh 184 suara. Pasangan nomor 2 Triya Lestari (VIII B) -  Hana Amelia (VII H) memperoleh 311  suara. Sedangkan pasangan nomor 3 Labib Mubarok (VIII A) - Farda Shofiurohman (VII H) memperoleh 335 suara.

“Sehingga pasangan nomor urut 3 Labib Mubarok - Farda Shofiurohman ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2021-2022,” pungkasnya.

Bebas Bullying

Ketua terpilih Labib Mubarok dalam tanggapannya mengungkapkan, selama ini pemilihan umum identik dengan persaingan yang menjurus perseteruan, bullying dan saling menjatuhkan, serta mengabaikan program-program. Sehingga munculah istilah black campaign (kampanye hitam). Namun menurutnya, pada pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kali ini terlihat lebih mengedepankan persahabatan, santun dan saling menghargai. Lebih lanjut ia meminta doa dan dukungan agar bisa menjalankan tugas sebagai Ketua OSIS dengan amanah dan konsisten.* (abas/sar)