KOMPENSASI LAYANAN 1.Jika proses pelayanan tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan maka produk layanan akan diantar oleh petugas pelayanan kepada pemohon. 2.Jika pejabat penandatangan produk layanan masih berhalangan atau tidak ada di tempat dalam kondisi tertentu, yang mengakibatkan proses pelayanan tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, maka petugas akan menghubungi pemohon melalui telpon/HP/WA dan atau mengantar sendiri produk pelayanan sesuai kesepakatan antara petugas dan pemohon || Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah || 5 Nilai Budaya Kerja kantor Kementerian Agama Republik Indonesia. INTEGRITAS,PROFESIONALITAS,INOVASI,TANGGUNGJAWAB DAN KETELADANAN. ||

Pembangunan ZI Kankemenag Purbalingga Dinilai TPI Inspektorat Jenderal

2021-04-07 14:41:26

Purbalingga – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Purbalingga, Selasa (6/4/2021) mendapat kunjungan Tim Penilai Internal dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI. Visitasi tim penilai dari pusat tersebut dilakukan dalam rangka penilaian fisik sarpras pendukung serta pelaksanaan layanan dan eviden-eviden pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK.

Kasubbag TU Purwadi mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menjelaskan, tim penilai yang hadir berjumlah 3 orang dengan tugas melakukan penilaian pembangunan ZI di Kankemenag Kabupaten Banyumas, Kankemenag Kabupaten Purbalingga , Kankemenag kabupaten Cilacap dan Kankemenag kabupaten Kebumen.

“Kehadiran Ketua Tim Penilai ZI Ibu Nurhayati bersama 2 orang anggota tim Habibi Zaman Riawan Ahmad dan Iffa Nurul Laili ini dalam rangka penilaian fisik yang meliputi sarana prasarana , layanan dan eviden-eviden (bukti) pelaksanaan pembangunan ZI di Kankemenag Purbalingga setelah mengikuti entry meeting di Banyumas Sabtu (3/4/2021) lalu,” jelasnya.

Menurutnya tim penilai dari Itjen Kemenag tersebut melakukan visitasi secara langsung ke berbagai ruangan yang ada. Meliputi ruang Seksi-seksi dan Penyelenggara, Ruang PTSP, Ruang Konsultasi, Musala, Aula Pertemuan, Pojok Zona Integritas, Ruang Bermain Anak, Ruang Tunggu, Ruang Pengawas, Area Parkir, dan Kantin Kejujuran Erbe. Fasilitas parkir dan sarana khusus untuk pengguna layanan dari kalangan disabilitas seperti tolilet disable, jalur khusus disable dengan tanda dan fasilitas pendukung lainnya menjadi perhatian utama Tim Penilai.

Di akhir sesi penilaian Ketua Tim Pembangunan ZI Kankemenag Purbalingga Mukhlis Abdillah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Tim Penilaian Internal Zona Integritas dari Inspektorat Jenderal Kementerian RI tersebut.

Menurutnya Tim Penilai telah melihat keseriusan jajaran Kankemenag Purbalingga dalam mewujudkan Zona Integritas. Bukan hanya secara fisik saja namun juga dari sisi pelaksanaan layanan. Hal tersebut di antaranya dibuktikan dengan hasil survei yang dilaksanakan, termasuk testimoni dan respon langsung anggota masyarakat yang menjadi pengunjung PTSP saat Tim Penilai melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan PTSP secara langsung.

“Tanpa rekayasa, tanpa pengarahan, salah satu tamu pengunjung PTSP yang mengurus pendaftaran haji menjawab pertanyaan Ketua Tim Penilai yang memberikan pertanyaan secara tiba-tiba. Ia merespon bahwa layanan yang diberikan di PTSP kami memuaskan. Selain penjelasan yang diberikan jelas, para petugas yang memberikan pelayanan pun dinilainya ramah,” ungkapnya.

Usai penilaian terhadap 6 Pokja Zona Integritas yang dilakukan hingga sore hari, kegiatan pun ditutup dengan secara bersama-sama. Mukhlis berharap seluruh jajarannya tanpa kenal lelah dan putus asa terus melakukan perbaikan diri menyongsong tahap-tahap berikutnya. Karena menurutnya pembangunan ZI bukanlah kegiatan yang hanya dilakukan sesaat, namun harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

“Kritik dan saran yang membangun serta motivasi dari tim kami nantikan, agar kami Kankemenag Purbalingga bisa membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM agar terwujud pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” harapnya. (sar/  )