KOMPENSASI LAYANAN 1.Jika proses pelayanan tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan maka produk layanan akan diantar oleh petugas pelayanan kepada pemohon. 2.Jika pejabat penandatangan produk layanan masih berhalangan atau tidak ada di tempat dalam kondisi tertentu, yang mengakibatkan proses pelayanan tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, maka petugas akan menghubungi pemohon melalui telpon/HP/WA dan atau mengantar sendiri produk pelayanan sesuai kesepakatan antara petugas dan pemohon || Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah || 5 Nilai Budaya Kerja kantor Kementerian Agama Republik Indonesia. INTEGRITAS,PROFESIONALITAS,INOVASI,TANGGUNGJAWAB DAN KETELADANAN. ||

Membangun Budaya Pelayanan Prima

2021-02-20 17:01:53

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan sukses ZI menuju WBK, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengadakan pembinaan untuk para pegawai khususnya yang  bertugas dalam hal pelayanan. Kegiatan dilaksanakan di Aula Uswatun Khasanah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Sabtu, 20 Februari 2021.

 

Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga yang merupakan panitia kegiatan menggandeng Tim Potency (Positive Training Centre) dari Purwokerto sebagai narasumber kegiatan. Bertajuk tema “Membangun Budaya Pelayanan Prima”, pembinaan pegawai ini diikuti oleh 50 orang pegawai satu atap dari perwakilan masing-masing seksi, 21 orang dari unsur KUA, dan 7 orang dari unsur Madrasah Negeri. Urgensi kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik. " Bagaimana pegawai dalam melakukan pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasaan masyarakat selaku pengguna layanan", tandas Purwadi selaku ketua panitia kegiatan.

 

Peningkatan performa layanan harus senantiasa diperhatikan, yaitu bagaimana terciptanya kesadaran melayani sehingga menjadi budaya demi terwujudnya budaya pelayanan prima. Pelaksanaan kegiatan ini didasari oleh evaluasi yang dilaksanakan bersama yang selalu ada kata tidak puas akan pelayanan yang sudah dilakukan kepada masyarakat,sehingga perlu adanya perubahan untuk menjadi lebih baik dalam hal melayani, “ungkap Karsono (Kepala Kantor Kemenag Kab. Purbalingga)

 

Beberapa unsur yang dievaluasi adalah perfom para pegawai, misalnya dari sisi cara berpakaian diharapkan semua pegawai mengenakan pakaian sesuai standar ketentuan yang berlaku, mengenakan atribut, dan berpeci bagi pegawai pria. Karsono juga menekankan bahwa baik tidaknya layanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya tanggung jawab kepala kantor saja.

 

Sebagai petugas pelayanan jangan hanya terpacu pada bagaimana kita memenuhi keinginan masyarakat. Akan tetapi semaksimal mungkin bagaimana kita dapat memberikan lebih dari apa yang masyarakat butuhkan, “ungkap Sony Susandra selaku narasumber. Sehingga kepuasan akan didapatkan dan pelayanan yang terbaik dapat kita berikan. /Nael/DS