KOMPENSASI LAYANAN 1.Jika proses pelayanan tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan maka produk layanan akan diantar oleh petugas pelayanan kepada pemohon. 2.Jika pejabat penandatangan produk layanan masih berhalangan atau tidak ada di tempat dalam kondisi tertentu, yang mengakibatkan proses pelayanan tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, maka petugas akan menghubungi pemohon melalui telpon/HP/WA dan atau mengantar sendiri produk pelayanan sesuai kesepakatan antara petugas dan pemohon || Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah || 5 Nilai Budaya Kerja kantor Kementerian Agama Republik Indonesia. INTEGRITAS,PROFESIONALITAS,INOVASI,TANGGUNGJAWAB DAN KETELADANAN. ||

Layanan Keliling Jemput Pendaftaran Calon Haji di Daerah

2021-04-16 11:33:26

Purbalingga – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengadakan inovasi baru berupa layanan pendaftaran haji melalui mobil keliling.

Dalam keterangannya Kamis (15/4/2021) Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Hj. Khamimah menjelaskan, pengadaan layanan dengan mobil keliling dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Kualitas pelayanan ibadah haji dari tahun ke tahun kita usahakan terus meningkat. Setelah layanan paspor yang cukup dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga melalui kerjasama dengan Kantor Imigrasi Cilacap selama beberapa tahun ini, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), sekarang kita adakan layanan mobil keliling,” jelasnya.

Menurutnya, layanan mobil keliling yang terwujud baru-baru ini sudah mulai membuahkan hasil dan mendapatkan tanggapan positif dari berbagai kalangan terutama warga pengguna layanan.

“Layanan mobil keliling untuk sementara beroperasi setiap hari Kamis, karena dibutuhkan armada serupa dari rekanan yaitu Bank Penerima Setoran yang sementara ini baru ada satu. Setelah ada penambahan insyaallah operasi mobil keliling untuk pendaftaran calon jemaah haji dapat kita tambah jadwal operasinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pendaftaran haji yang diberikan tidak hanya pengisian blangko formulir secara manual. Namun juga harus diinput melalui aplikasi haji terpadu SISKOHAT. Selain itu juga harus dilakukan penyetoran biaya awal untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Bipih) melalui Bank Penerima Setoran (BPS).

Staf/Pelaksana pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kankemenag Purbalingga Desi Sukohartarto menjelaskan, bersama para pegawai lainnya secara bergilir ia melaksanakan tugas keliling sebagai petugas pendaftaran haji.

“Layanan pada hari ini merupakan yang ketiga. Kunjungan pertama ke KUA Kutasari dengan 1 orang pendaftar. Kunjungan kedua di KUA Karanganyar nol pendaftar, dan kunjungan ketiga hari ini di KUA Kaligondang alhamdulillah ada 2 orang pendaftar. Sehingga dari 3 kali kunjungan kita mendapatkan 3 orang pendaftar calon jemaah haji,” jelasnya.

Puas

Salah satu warga Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang yang memanfaatkan layanan mobil keliling tersebut Ikhwanto menyampaikan puas dengan adanya layanan tersebut.

“Dengan adanya mobil keliling pendaftaran haji menjadi semakin mudah. Jadi kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke kantor Kementerian Agama di Purbalingga. Cukup mendaftar di tempat yang dekat. Karena rumah saya cukup dekat ke komplek KUA,” jelasnya. (sar/  )