KOMPENSASI LAYANAN 1.Jika proses pelayanan tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan maka produk layanan akan diantar oleh petugas pelayanan kepada pemohon. 2.Jika pejabat penandatangan produk layanan masih berhalangan atau tidak ada di tempat dalam kondisi tertentu, yang mengakibatkan proses pelayanan tidak sesuai jangka waktu yang ditentukan, maka petugas akan menghubungi pemohon melalui telpon/HP/WA dan atau mengantar sendiri produk pelayanan sesuai kesepakatan antara petugas dan pemohon || Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah || 5 Nilai Budaya Kerja kantor Kementerian Agama Republik Indonesia. INTEGRITAS,PROFESIONALITAS,INOVASI,TANGGUNGJAWAB DAN KETELADANAN. ||

Artikel


Pembelajaran Dengan Metode Think Pair Share (TPS) Menyenangkan

2021-07-02 14:20:29

Pembelajaran Dengan Metode Think Pair Share (TPS) Menyenangkan Oleh : Nuryati, S.Pd.I*)                                                                 KEGIATAN pendidikan formal di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang   diharapkan sangat bergantung p ... [Read More]


Mengatasi Kemandirian Anak

2021-07-02 14:14:55

Mengatasi Kemandirian Anak                                              Oleh.Dwi Yatmi Nur Aidah,S.Pd.AUD)*           Di dalam kegiatan pembelajaran di taman kanak-kanak, sorang guru harus sabar,pemaaf dan harus berkorban demi anak didiknya.agar dapat di bimbing,bina ,dan di latih.Karena anak didik di taman kanak-kanak adalah belaj ... [Read More]


Suri Teladan Pendidik Terhadap Moral Siswa

2021-07-02 14:08:17

Suri Teladan Pendidik Terhadap Moral Siswa Oleh : Daryati, S. Pd. I)*                 Pendidik dalam bahasa arab memiliki beberapa istilah yakni Murabbi dan Mu’allim. Kata murabbi berasal robba – yurobbi, lebih sering ditemukan dalam kalimat yang berorientasi pemeliharaan. Pemeliharaan ini terlihat dalam proses orang tua dalam merawat anaknya. Sedangkan kata Mu’allim pada umumnya dipakai dalam membicarakan aktivitas yang lebih terfokus pada pemberian atau pemindahan ilmu pengetahuan dari seseorang ya ... [Read More]


Meningkatkan Belajar Matematika dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya

2021-07-02 13:58:07

Meningkatkan Belajar Matematika dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya Oleh: Sudiri, S.Pd.I  MATEMATIKA merupakan salah satu mata pelajaran yang oleh sebagian besar siswa dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Begitulah  yang dialami oleh sebagian besar siswa kelas VI di MI Ma’arif NU Kramat. Ketika sedang proses pembelajaran matematika, kegiatan masih berpusat pada guru dan bersifat abstrak. Siswa hanya menjadi pendengar pasif dan interaksi terjalin apabila guru memberikan pertanyaan dan siswa memberi jawaban. Siswa yang menjawab pertanyaan guru, mereka yang mampu di dala ... [Read More]


Kartu Disiplin Motivasi Tepat Waktu di Kelas

2021-07-02 13:56:13

Kartu Disiplin Motivasi Tepat Waktu di Kelas Oleh: Sudiri, S.Pd.I   DISIPLIN adalah hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai (Sanjaya, 2005:9). Disiplin ialah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya. (Siswanto, 2001). Disiplin siswa di sekolah dapat dilihat dari ketaat ... [Read More]


Antara Reward dan Punishment Dalam Mendidik Anak

2021-07-02 12:56:55

ANTARA REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENDIDIK ANAK Oleh : Solahudin Ahmad Faqih, S.Pd.I *)   Menjadi pendidik yang baik bukanlah perkara yang mudah. Berapa banyak pendidik yang gagal untuk mendidik anak didiknya disebuah lembaga pendidikan disebabkan ia belum mampu mendidik dirinya sendiri. Oleh sebab itu wajib bagi pendidik untuk memperbaiki diri dari segala apa yang dikerjakan dalam mendidik anak didiknya, termasuk dalam memberikan reward dan Punishment terhadap anak didiknya. Reward dan punishment dari apa yang telah dilakukan anak didik merupakan perkara yang pokok dan semestinya di ... [Read More]


Mendidik Anak Perlu Kesholihan Para Pendidik

2021-07-02 12:47:44

Mendidik Anak Perlu Kesholihan Para Pendidik Oleh : Solahudin Ahmad Faqih, S.Pd.I)* Anak-anak yang sholih dan sholihah adalah anak yang selalu diharapkan dan menjadi dambaan bagi orang tua, guru, dan lingkungan masyarakat. Dengan terbentuknya kesholihan bagi anak didik maka peradaban dan ilmu pengetahuan di suatu negeri akan berdampak positifnya dalam menghadapi segala tantangan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu pendidikan berkarakter kesholihan menjadi sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan dan hal itu perlu ditanamkan pada anak sejak sedini mungkin oleh par ... [Read More]


Antologi : Untuk Kepala Sekolahku Terkasih

2021-07-02 08:54:18

Antologi : Untuk Kepala Sekolahku Terkasih   Empat tahun silam kala saya ingin refreshing menghilangkan kejenuhan selama sepuluh tahun di tempat yang sama, akhirnya saya di mutasi ke tempat Bapak. Meski tak pernah saya bayangkan sebelumnya saya akan di mutasi kesana, tempat yang jauh dari keramaian atau bahkan bisa dikatakan pegunungan. Yang mana setiap musim kemarau airpun susah didapat. Alhamdulillah bersyukur Bapak beserta teman-teman Bapak menerima saya dengan tangan terbuka. Setiap hari jalan yang kulalui sangat melelahkan, apalagi bagi saya seorang wanita. Namun lelah itu akan hi ... [Read More]


Senangnya Menghafal Surat Pendek melalui Model “Make A Match”

2021-07-02 08:50:07

Senangnya Menghafal Surat Pendek melalui Model “Make A Match”Oleh: Nurul Khotimah, S.Pd.I*)MENGHAFAL adalah hal yang sangat membosankan bagi anak. Apalagi menghafal surat yang agak panjang. Agar anak mau dan mudah menghafal, guru perlu membuat variasi dalam pembelajaran. Kalau sudah senang, anak akan dengan mudah menerima dan memahami materi pembelajaran.     Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak dapat melaksanakan tugasnya ... [Read More]


Penguatan Materi Pembelajaran IPA melalui Penerapan Metode Talking Stick

2021-07-02 08:45:26

Penguatan Materi  Pembelajaran IPA melalui Penerapan Metode Talking Stick   Oleh : Afitta Retno Anggraeni, S.Pd     Perkembangan Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional diupayakan berpusat pada peserta didik agar dapat belajar untuk membagun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Untuk mewujudkannya, maka guru dituntut untuk mampu mengembangkan kreatifitas dalam menyusun kegiatan pembelajaran, demikian pula dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA).  Proses pembelajaran IPA, siswa perlu diberi kesempata ... [Read More]